5 Cara Menciptakan Kesan Baik di Hari Pertama Kerja | IDTalent Blog

5 Cara Menciptakan Kesan Baik di Hari Pertama Kerja

oleh Aria Hadi Purbaya - idtalent
July 23, 2017 1:51 AM

Ketika berada di lingkungan baru, berarti kamu harus pandai menyesuaikan diri agar dapat berbaur bukan? Begitu juga di tempat kerja yang baru, kamu harus dapat menyesuaikan diri agar merasa nyaman.

Sebelum menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja, ada baiknya kamu membangun kesan pertama yang baik terhadap rekan kerjamu karena kesan pertama sangat penting di dunia kerja. Untuk kesan pertama, rekan kerjamu bukan menilai dari apa yang kamu bicarakan, tetapi dari mimik wajah, bahasa tubuh, nada bicara, serta penampilanmu saat itu.

Berikut hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk membangun kesan pertama yang baik di tempat kerja yang baru.

  • Tersenyum!
  • Menyapa
  • Melakukan Kontak Mata
  • Memberikan Perhatian Penuh
  • Bangun Obrolan Positif
  • Sapaan ramah terhadap orang yang baru kamu kenal akan membuatmu dicap sebagai orang yang asyik dan bersahabat loh. Eits, tapi jangan salah! Menyapa dengan ramah bukan berarti ‘sok asyik’ ya.

Kontak mata juga sama pentingnya saat ingin menampilkan kesan pertama yang baik. Ketika kita berinteraksi dengan seseorang, tentu menggunakan kontak mata untuk meyakinkan bahwa satu sama lain tertarik dengan percakapan yang sedang berlangsung.

Saat sedang berinteraksi dengan rekan kerja, ada baiknya kita memberikan perhatian penuh agar mengerti maksud yang disampaikan dan menandakan bahwa kita mendengar dengan baik setiap kata yang mereka katakan. Tidak mau kan kamu dianggap ‘songong’ karena saat berinteraksi, misalnya, kamu sambil memainkan gadget-mu dan tidak memberi perhatian penuh kepada rekan kerjamu?

Hal selanjutnya, yaitu kamu harus dapat membangun obrolan dengan rekan kerja kamu nih, tetapi pastikan apa yang kamu omongin itu adalah hal positif ya. Bisa memulai pembicaraan tentang bagaimana keseharian di lingkungan kerja, atau hal apa pun yang positif. Ingat, jangan membicarakan hal yang tidak baik atau bahkan nge-gosip ya! Enggak mau kan kamu langsung dicap sebagai karyawan yang menjengkelkan saat kesan pertama?

Jadi, positiflah dalam bersikap dan berbicara untuk mendapatkan kesan pertama yang baik. Setelah itu, kamu dapat lebih mudah untuk menyesuaikan diri di lingkungan kerjamu. Selamat mencoba!