Kerjasama Idtalent dan STMM Yogyakarta Dalam Memaksimalkan Potensi dan Kreatifitas Talent Indonesia | IDTalent Blog

Kerjasama Idtalent dan STMM Yogyakarta Dalam Memaksimalkan Potensi dan Kreatifitas Talent Indonesia

oleh Zharfan Shiddieq - idtalent
September 13, 2017 5:08 PM

Yogyakarta, (9 September 2017) - Teknologi Digital telah menyentuh hampir semua aspek dalam kehidupan kita saat ini, mulai dari sosial, finansial, ekonomi dan bisnis. Hal ini telah mengubah bagaimana cara kita berfikir, bekerja, serta bagaimana pengetahuan tersebar dan mudah diakses. Perkembangannya sudah sangat demikian maju dan itu merupakan tantangan yang besar bagi industri saat ini.

Mengutip hasil riset Boston Consulting Group, Indonesia diprediksi akan masuk ke dalam lima belas negara yang menjadi kekuatan ekonomi dunia pada tahun 2025. Kekhawatiran yang akan terjadi adalah diperkirakan Industri Indonesia akan kekurangan 56% talenta muda untuk mendukung perkembangan tersebut. Terdapat gap besar antara permintaan industri dan kesiapan talenta, sehingga pengembangan talenta prosesional muda Indonesia menjadi sebuah keharusan.


Sebagai upaya pengembangan talent professional muda Indonesia, idtalent dan Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta menggelar #idtalent Career Expo 2017 “Unleash The Potential and Creativity in Digital Era”. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Dies Natalis ke-32 Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta yang bertujuan untuk membangun wawasan dan kompetensi para calon profesional muda agar dapat berkontribusi secara nyata untuk industri, khususnya dalam menghadapi tantangan industri kreatif dan digital.

idtalent adalah wadah penggerak pengembangan talenta (www.idtalent.id). Perusahaan rintisan ini memudahkan anak muda yang baru lulus kuliah untuk mendapatkan pekerjaan dan menapaki karir impiannya. Di sisi lain, mereka juga membantu perusahaan untuk mendapatkan kandidat terbaik secara efisien.

Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta sendiri adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berada dibawah Balitbang Kemenkominfo. Hal ini membuat STMM “MMTC” memiliki berbagai fasilitas yang lengkap mulai dari fasilitas Broadcasting, multimedia, hingga gedung studio yang lengkap. Seiring dengan berjalannya waktu, STMM “MMTC” menjadi salah satu perguruan tinggi negeri yang mampu memenuhi kebutuhan industri akan talent yang professional, handal dan siap berkompetisi di bidang Komunikasi dan Informatika.

Harapannya kegiatan yang berasal dari kerja sama ini dapat menjadi wadah untuk mempertemukan antara industri dengan talent, serta sebagai media “Knowledge Sharing & Best Practices” bagi para akademis atau lulusan dengan para pimpinan perusahaan serta professional expert yang telah berkecimpung dalam dunia usaha.

Berikut ini rangkaian acara utama dalam Idtalent Career Expo 2017:

• Career Expo dan Company Hiring: Para peserta dapat melamar pekerjaan sesuai lowongan pekerjaan dari masing-masing perusahaan yang berpartisipasi di Career Expo. Peserta juga dapat bertatap muka langsung dan menanyakan segala informasi dari perusahaan sebelum melamar. Perusahaan yang berpartisipasi antara lain Kementerian Komunikasi dan Informatika, PT Telekomunikasi Indonesia (Indihome & Indigo.id), PT. ISS Indonesia, PT. Dimension Data Indonesia, PT. Astragraphia Information Technology (AGIT), PT. Vads Indonesia, BTPN, Adstars, PT. Digital Rantai Maya (drm), 168 Solution, ebdesk dan perusahaan lainnya.



• Seminar: Peserta diharapkan akan mendapatkan inspirasi dan pengetahuan dari para pembicara yang hadir. Para pembicaranya adalah: Rudiantara (Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia); Putra Nababan (Founder dan COO idtalent); Najwa Shihab (Jurnalis Senior); Leonika Sari (Founder dan CEO Reblood); R. Bayu Hartoko (Head of Marketing and International Channels Telkom Indigo.id); Hery Kustanto (Vice President Corporate Services NET TV); Dwisnu Arfa Sita (Vice President Talent Management ISS Indonesia); Andini Effendi (News Anchor Metro TV); dan Tjahyo Utomo – Askadiv. Publishing Media Indonesia (Askadiv. Publishing Media Indonesia)

• Coaching Class: Peserta akan mendapatkan pembakalan kemampuan dasar yang bisa digunakan secara langsung. Kelas ini akan memberikan ilmu dasar mengenai: Cara Mewujudkan Solusi Masalah Melalui Startup Digital; Cara Membuat Konten dan Menguasai Native Advertising; Cara Memaksimalkan Media Sosial Untuk Personal Branding; dan Cara Mendapatkan Pekerjaan Impian.


Kegiatan ini dirancang dengan berbagai rangkaian agenda besar untuk mendorong dan menjaring talent industri kreatif dan teknologi informatika dari berbagai sekolah tinggi dan universitas di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah dan sekitarnya. Kesempatan ini dapat menjembatani kebutuhan talent mengenali perkembangan dan tren industri khususnya industri kreatif dan digital.